STATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI KUE PADA KELOMPOK WANITA TANI AYU TANGKAS DI KECAMATAN SELEMADEG TIMUR, BALI

Pande Komang Suparyana, Ni Putu Sukanteri, Dudi Septiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi internal dan lingkungan eksternal dari usaha kue di KWT Ayu Tangkas, serta menentukan strategi dalam pengembangan usaha kue di KWT Ayu Tangkas. Pemilihan responden dengan metode purposive sampling, dengan jumlah 21 responden. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan manajemen strategi terdiri dari: 1) Tahap pengumpulan data (Input Stage) dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE); 2) Tahap analisis (Matching Stage) dengan menggunakan matriks Internal External (IE) dan matriks Strength, Weakness, Opportunities, and Threats (SWOT); dan 3) Tahap pengambilan keputusan (Decision Stage) dengan pengambilan keputusan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan kondisi internal yaitu: Kualitas dari produk, Harga terjangkau, Hubungan pengurus dengan anggota, Produk sudah dikenal masyarakat, Ketersediaan Bahan Baku, Rendahnya Kualitas SDM, Keterbatasan memperoleh modal, Keterbatasan mendapatkan informasi pasar, Jenis produk 1 macam, dan Kurangnya promosi. Sedangkan Lingkungan eksternal yaitu: Bendu jajanan Khas Daerah Setempat, Permintaan Bendu, Perhatian Institusi pada KWT, Perkembangan Sistem Informasi, Teknologi Produksi, Kemudahan dalam duplikasi produk oleh pesaing, Munculnya Pesaing baru, Naiknya harga Bahan Baku, Keterbatasan waktu dengan kegiatan adat, dan Perubahan selera konsumen. Strategi tebaik yaitu memberikan pelatihan dan penyuluhan Manajemen produksi.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabanan. (2018). Kecamatan Selemadeg Timur Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabanan. Tabanan. https://tabanankab.bps.go.id/publication/2017/09/14/c2770b79cc34f57167c22338/kecamatan-selemadeg-timur-dalam-angka-2017.html

Balitsereal dan Puslitbang Tanaman Pangan. (2007). Jagung: Teknik Produksi dan Pengembangan. In Perkembangan Produksi dan Kebijakan dalam Peningkatan Produksi Jagung (pp. 456–461). Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Departemen Pertanian. Sulawesi Selatan. http://balitsereal.litbang.pertanian.go.id/buku-sorgum/

David, F. R. (2004). Manajemen Strategis Konsep-konsep Edisi Kesembilan. PT. Indeks. Jakarta.

Endang Purwanti. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Among Makarti, 5(9), 13–28. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/65

Guruh Julio, Kelin Tarigan, & Salmiah. (2014). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Produksi Usaha Tani Stroberi (Kasus: Desa Tongkoh Kecamatan Daulat Rakyat Kabupaten Karo). Journal On Social Economic Of Agriculture And Agribusiness, 3(6), 1–13. https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8210

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36484

Peraturan Menteri Pertanian Tentang Pedoman Pembinaan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani, Pub. L. No. 82/Permentan/OT.140/8/2013, 55 (2013). http://perundangan.pertanian.go.id/admin/p_mentan/Permentan No.82 Tahun 2013.pdf

Purwono, J., Sugyaningsih, S., & Novianti, R. (2008). Strategi Pengembangan Bisnis Bibit Tanaman Hutan (Kasus PT Sarbi Moerhani Lestari, Bogor). Jurnal Berkala Ilmu Ekonomi, 2(1), 34–54. https://doi.org/10.21107/NBS.V2I1.560

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Reinhart Abedneju Sondakh, Endang Erawan, & Sarwo Edy Wibowo. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Akun @Geprekexpress Dalam Mempromosikan Restoran Geprek Express. Llmu Komunikasi, 7(1), 279–292. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3812

Safitri, H., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Modal Usaha Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Dan Kecil Di Desa Kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 792–800. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28291

Setiawan, I. M. D., Sukanteri, N. P., Suryana, I. M., & Suparyana, P. K. (2019). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Penjualan Produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Ayu Tangkas Di Desa Megati. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 227–234. https://doi.org/10.23887/JISH-UNDIKSHA.V8I2.22375

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun Kerjasama Tim (Kelompok). Jurnal STIE Semarang, 4(3), 59–65. https://media.neliti.com/media/publications/132297-ID-membangun-kerja-sama-tim-kelompok.pdf

Untari, D., & Fajariana, D. I. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.31294/WIDYACIPTA.V2I2.4387


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AGRISAINTIFIKA Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

AGRISAINTIFIKA

JURNAL ILMU-ILMU PERTANIAN

REDAKSI FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

JL. Letdjend S. Humardani No. 1 Sukoharjo jawa Tengah, Indonesia 0271-593156

EMAIL: agrisaintifika@gmail.com

TERINDEKS GARUDA

TERINDEKS ONESEARCH ID

TERINDEKS GOOGLESCHOLAR

TERINDEKS SINTA 4