ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK COKELAT MONGGO DI KOTAGEDE, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAj. Tysa Kusumowardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen Cokelat Monggo serta rekomendasi strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan konsumen produk Cokelat Monggo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pengambilan lokasi penelitian secara sengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskripstif, metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil perhitungan Costumer Satisfaction Index (CSI), tingkat kepuasan konsumen produk Cokelat Monggo yaitu sebesar 76.93%  yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah merasa puas. Alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan yaitu pada strategi produk, pencantuman informasi kandungan gizi disetiap varian produk Cokelat Monggo. Alternatif strategi distribusi yang dapat dilakukan adalah menyediakan prasarana penjualan atau display. Alternatif strategi harga yang disarankan adalah membuat promosi harga produk Cokelat Monggo. Alternatif strategi promosi yang dapat dilakukan menjadi sponsor kegiatan tertentu dan metode Word of Mouth (WOM). Peningkatan layanan informasi dapat dilakukan dengan membuat menu khusus untuk kritik dan saran, memperjelas akun resmi Cokelat Monggo disetiap produk maupun iklan dan promosi serta memperbaharui data website.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Perkebunan 2012-2016. Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Kakao. Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Hasibuan et al. 2012. Policy Analysis of Cocoa Downstream Industry Development (A System Dynamic Approach). Informatika Pertanian. Vol. 21 : 59 – 67.

Kasali, R. 2003. Manajemen Public Relation : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti : Jakarta.

Kementerian Perindustrian. 2016. Industri Kakao Tumbuh Pesat. www.kemenperin.go.id : Jakarta

Kirom, B. 2009. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.Pronas Produksi PT CIP, Depansar, Bali. Institut Pertanian Bogor. Jurnal Tekonologi Industri Vol 18(2) : 106-117.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Edisi Milenium, jilid 1, Prenhallindo. Jakarta.

Martilla J, James J. 1977. Importance Performnace Analysis. Journal of Marketing. American Marketing Association. Vol 41 : 77-79.

Sukardi et al .2010. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Corned Pronas Produksi PT CIP, Depansar, Bali. Institut Pertanian Bogor. Jurnal Tekonologi Industri Vol 18(2) : 106-117.

Udayana, I Gusti Bagus . 2011. Peran Agroindustri Dalam Pembangunan Pertanian. Singhadwala, 44. pp. 3-8. ISSN 0852-775 X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AGRISAINTIFIKA Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

AGRISAINTIFIKA

JURNAL ILMU-ILMU PERTANIAN

REDAKSI FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

JL. Letdjend S. Humardani No. 1 Sukoharjo jawa Tengah, Indonesia 0271-593156

EMAIL: agrisaintifika@gmail.com

TERINDEKS GARUDA

TERINDEKS ONESEARCH ID

TERINDEKS GOOGLESCHOLAR

TERINDEKS SINTA 4